Kegiatan DML

Aqua Peduli

Tahun pertama dasawarsa kedua Dana Mitra Lingkungan (DML) ditandai dengan berlanjutnya program Daur Ulang Limbah yang dimulai tahun sebelumnya. Program ini, yang bermitra dengan produsen air minum dalam kemasan PT. Aqua Golden Mississippi, menunjukkan adanya kecocokan misi bersama dan berlangsung hingga tahun 1998.

Bentuk kegiatan program Aqua Peduli adalah penarikan botol bekas air minum dalam kemasan. Pada masa itu, botol PET (polyethylene terephthalate) tidak laku di pasaran pemulung karena belum ada yang tahu cara mendaurulangnya. Aqua membeli botol PET 600 ml dan 1.500 ml dari jaringan pemulung dan anggota Koperasi Aneka Peduli yang dikembangkan DML. Kemudian, bekerja sama dengan jaringan DML yang memperoleh mesin pencacah PET, botol-botol bekas tersebut disortir, dibersihkan, dicacah menjadi flakes, dan dijual sebagai bahan baku industri tekstil dan lainnya.

Program ini secara tersamar meningkatkan kesadaran dan kepedulian konsumen. Konsumen membayar ‘uang peduli’, berupa tambahan harga pembelian air minum dalam kemasan botol PET, yaitu Rp. 5,- untuk kemasan 600 ml dan Rp. 10,- untuk kemasan 1.500 ml. Uang peduli tersebut dibayarkan kembali dua kali lipat kepada konsumen yang mengembalikan botol PET bekas atau kepada jaringan pemulung. Dengan demikian, konsumen belajar menghargai produk yang berwawasan lingkungan dan berperan serta dalam membiayai penanganan masalah lingkungan.

Selain itu, Program Aqua Peduli juga memberikan sumbangan untuk mendukung program Dana Bantuan Kecil DML.

Konten Terkait

Baca juga
Close
Back to top button