Kegiatan DML

Berdirinya Dana Mitra Lingkungan

Pada tahun ini, Kementerian Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kemeneg PPLH, 1978-1983) berubah menjadi Kementerian Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Kemeneg KLH). Hingga tahun 1988, kedua kementerian ini dipimpin oleh Prof. Dr. Emil Salim.

“Kami menginginkan adanya sebuah wahana bagi captains of industry sebagai stakeholders untuk pembangunan berkelanjutan,” kata guru besar ilmu ekonomi itu, “Caranya dengan menghimpun dana untuk pengembangan lingkungan hidup.”

Maka pada 27 Oktober 1983, berdirilah Dana Mitra Lingkungan, dengan penandatangan Pernyataan Kesepakatan Sikap oleh 22 orang tokoh pengusaha strategis di Indonesia. Misi yayasan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama usahawan, tentang pelestarian dan pengembangan lingkungan hidup, serta menghimpun dana serta mengelola penggunaannya bagi kepentingan pelestarian lingkungan hidup di Indonesia. “Harus ada yang menjembatani antara ornop dengan lembaga funding lokal,” begitu menurut Wisaksono Noeradi (alm.), salah seorang pendiri DML.

Konten Terkait

Baca juga
Close
Back to top button