Berita

Dua Knop Rafflesia Arnoldii Siap Mekar di Cagar Alam Batang Palupuh, Agam

Dua bunga Rafflesia Arnoldii diharapkan akan mekar dalam waktu dua sampai tiga minggu mendatang di Cagar Alam Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau, BKSDA Sumbar, Rusdiyan P Ritonga, mengumumkan perkembangan ini pada Kamis di Lubuk Basung.

Menurut Rusdiyan, kedua knop bunga tersebut saat ini telah menunjukkan warna merah marun yang menandakan fase mendekati pembukaan. “Kedua bunga itu akan mekar sempurna dengan jarak beberapa hari antara satu sama lain,” ujarnya.

Diameternya, yang satu 52 sentimeter dan yang lain 42 sentimeter, menunjukkan potensi untuk menjadi bunga dengan ukuran yang signifikan saat mekar nanti. Cagar Alam Batang Palupuh, yang menempati area seluas 3,4 hektar, telah diresmikan sebagai cagar alam sejak era kolonial Belanda pada tahun 1930. Tempat ini juga menjadi habitat bagi bunga Rhizanthes lowii, dimana dari sembilan knop yang ditemukan, enam telah mekar sempurna.

“Kawasan ini terus dipantau melalui patroli berkala untuk memastikan kelestarian spesies dan pemantauan perkembangan individu-individu baru,” tambah Rusdiyan.

Cagar Alam Batang Palupuh, dengan keanekaragaman hayatinya, dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, mempertegas komitmen terhadap pelestarian flora endemik Indonesia.

sumber :
https://www.antaranews.com/berita/4075041/dua-rafflesia-arnoldi-bakal-mekar-dalam-2-3-minggu-ke-depan-di-ca-agam

Konten Terkait

Back to top button