Berita

Forpasi dan DLH Jabar Melaksanakan Upacara Bendera Setengah Tiang dalam Peringatan HPSN 2024

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Forum Peduli Sampah Seluruh Indonesia (FORPASI) bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat menggelar acara perenungan bersama di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPPAS) Lulut Nambo, yang saat ini sedang menjalani masa uji coba. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak sebagai simbol penghormatan terhadap korban tragedi longsor TPA di Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa sebanyak 157 orang.

Hadohoan Satyalen Simaremare, pendiri dan inisiator FORPASI, menegaskan bahwa Hari Peduli Sampah Nasional bukanlah sekadar momen peringatan atau perayaan, melainkan momen berkabung. Ia menyampaikan aspirasi agar pemerintah segera membentuk Badan Penanggulangan Sampah Nasional (BPSN) untuk mengoordinasikan semua upaya pengelolaan sampah secara fokus dan menyeluruh, dengan keyakinan bahwa keberpihakan politik adalah kunci dalam hal ini.

Pada kesempatan tersebut, Sri Bebassari, pakar persampahan nasional dan Ketua Dewan Pembina Indonesian Solid Waste Association (InSWA), menyoroti pentingnya upaya pencegahan agar tragedi seperti longsor TPA tidak terulang. Ia menekankan bahwa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih menjadi pusat pengolahan sampah, dan bahwa TPA harus memenuhi standar bintang lima serta sesuai dengan regulasi yang berlaku, bukan sekadar tempat pembuangan terbuka.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Prima Mayaningtyas, menambahkan bahwa pengelolaan sampah merupakan tantangan yang kompleks dan mahal. Ia menggarisbawahi bahwa masih banyak yang tidak menyadari bahwa sampah dapat menjadi pemicu bencana. Prima menyoroti pentingnya kemauan politik yang kuat dan keterlibatan anggaran yang memadai dalam penyelesaian masalah lingkungan.

Acara ini dilaksanakan di Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, yang berlokasi di Kabupaten Bogor. Fasilitas ini sedang dalam masa uji coba dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) bersama PT Jabar Lestari (PT JBL).

Melalui acara ini, diharapkan kesadaran dan komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah dapat semakin ditingkatkan, serta langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pengelolaan sampah secara berkelanjutan dapat segera diimplementasikan.

sumber: https://koransulindo.com/forpasi-dan-dlh-jabar-melaksanakan-upacara-bendera-setengah-tiang-pada-peringatan-hpsn-2024/

Konten Terkait

Back to top button