Kegiatan LH

Hari Bumi 2024 Fokus pada Pengurangan Plastik untuk Lindungi Kesehatan dan Lingkungan

Pada peringatan Hari Bumi tahun ini yang jatuh pada tanggal 22 April 2024, tema yang diusung adalah “Planet vs Plastic” atau “Planet Lawan Plastik”. Inisiatif global ini menekankan pada pentingnya menghentikan penggunaan plastik guna melindungi kesehatan manusia dan menjaga kelestarian lingkungan Bumi.

Menurut Kathleen Rogers, Presiden Earthday.org, masalah plastik telah mencapai tingkat krisis yang setara dengan ancaman perubahan iklim. Plastik tidak hanya merusak ekosistem, tetapi ketika terurai menjadi mikroplastik, zat kimia berbahaya dilepaskan ke dalam sumber air dan makanan serta menyebar ke udara yang kita hirup.

Laporan Earthday.org mengungkapkan bahwa produksi plastik global saat ini telah melebihi 380 juta ton per tahun, dengan jumlah produksi dalam dekade terakhir melampaui total produksi selama abad ke-20. Industri ini diperkirakan akan terus berkembang secara signifikan.

Sebagai tanggapan terhadap masalah mendesak ini, Earthday.org telah mengidentifikasi empat strategi utama untuk mencapai target pengurangan produksi plastik sebesar 60 persen pada tahun 2040:

Meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya plastik terhadap kesehatan manusia, hewan, dan keanekaragaman hayati.
Mendorong penghapusan penggunaan plastik sekali pakai pada tahun 2030, sesuai dengan perjanjian PBB tentang polusi plastik yang direncanakan pada tahun 2024.
Mendesak pengadopsian kebijakan yang akan menghentikan praktik fast fashion dan mengurangi jumlah plastik yang diproduksi dan dikonsumsi.
Berinvestasi dalam pengembangan teknologi dan material alternatif yang lebih ramah lingkungan.
Denis Hayes, Ketua Emeritus Earthday.org, mengkritik industri petrokimia yang memproduksi plastik, menggambarkan bagaimana plastik, mulai dari ekstraksi bahan baku hingga pembuangan akhir, secara sistematis menimbulkan emisi tinggi dan limbah yang berbahaya.

Hari Bumi 2024 mengajak komunitas global untuk beraksi bersama dalam menghadapi tantangan plastik demi masa depan yang lebih berkelanjutan dan sehat.

sumber :
https://lestari.kompas.com/read/2024/04/20/160000786/-planet-vs-plastic-jadi-tema-hari-bumi-2024-tuntut-pengurangan-plastik

Konten Terkait

Back to top button