Berita

Hari Peduli Sampah Nasional 2024: Tema, Logo dan Sejarahnya

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 kembali hadir, membawa semangat dan fokus baru dalam upaya penanganan sampah di Indonesia. Tahun ini, HPSN tidak hanya diperingati pada tanggal 21 Februari, namun diperluas menjadi Bulan Peduli Sampah Nasional (BPSN) 2024, berlangsung sepanjang bulan Februari dan Maret.

Peringatan BPSN 2024 mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Tema ini mencerminkan urgensi dan komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang kian memprihatinkan di Indonesia.

Untuk mengenal lebih dalam, berikut sejarah, tema, hingga logo perayaan Hari Peduli Sampah Nasional.

Sejarah Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Dikutip dari laman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari untuk mengenang peristiwa Leuwigajah. Tepat pada tanggal 21 Februari 2005 lalu, terjadi peristiwa Leuwigajah, sampah menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa sebanyak 157 jiwa.

Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya, 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilumus dan Pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah.

Tragedi Leuwigajah inilah yang melatarbelakangi lahirnya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, tema yang diusung tahun ini yaitu “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Peringatan HPSN tahun 2024 ini akan memfokuskan persiapan Indonesia dalam menghadapi ILBI (International Legally Binding Instrument) on plastic pollution untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia.

Selain itu peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah. Hal ini sebagai usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif.

Dari laman KLHK RI, tema yang ditetapkan tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

Logo Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Keterangan logo:

  • Bentuk segitiga (adaptasi mobius loop) yang saling menyambung dan mengalir mencerminkan bawah pengelolaan sampah harus bisa sirkular dan saling mendukung, memberikan manfaat dari interaksi yang aktif.
  • Huruf HPSN merupakan singkatan dari Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.
  • Angka 2024 menunjukkan tahun penyelenggaraan peringatan.

Fokus Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Hari Peduli Sampah Nasional 2024 akan diperingati di tingkat nasional dan daerah oleh pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan berbagai elemen masyarakat. Mereka fokus melakukan upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi sampah plastik dengan cara yang produktif menuju pencapaian kesepakatan global dalam ILBI pada 2024.

Berikut beberapa kegiatan dalam Peringatan Peduli Sampah Nasional 2024:

  • Penyelenggaraan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024 di seluruh wilayah Indonesia.
  • Peningkatan penyadartahuan masyarakat seperti pelaku usaha, pegiat lingkungan, wirausaha sosial, masyarakat, bisnis rintisan, dan sektor informal terhadap isu pencemaran sampah plastik.
  • Penguatan dan perluasan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah oleh masyarakat guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usaha produktif sektor pengelolaan sampah plastik.
  • Pengembangan ekosistem ekonomi sirkuler sehingga dapat mendorong penguatan usaha produktif sektor pengelolaan sampah plastik melalui model bisnis isi ulang, bisnis guna ulang, dan bisnis daur ulang yang lebih optimal.
  • Pengembangan usaha produktif minim sampah (less plastic business model) melalui pembatasan penggunaan plastik sekali pakai di sektor hospitality business (pariwisata, hotel, restoran, cafe) dan penerapan less waste event di sektor usaha meeting, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).
  • Pengembangan usaha produktif pengolahan sampah plastik dengan pendekatan industrialisasi melalui pemanfaatan teknologi tepat guna dan best available technology yang ramah lingkungan seperti refuse derived fuel (RDF), teknologi termal, teknologi material pengganti plastik, dan teknologi plastic waste to fuel.

Adapun, informasi lengkap pelaksanaan Peringatan HPSN 2024 dapat diunduh pada link http://bitly/HPSN2024.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN 2024, mulai dari sejarah, tema, logo, dan fokus kegiatan peringatannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7203319/hari-peduli-sampah-nasional-2024-tema-logo-perayaan-hingga-sejarahnya.

Konten Terkait

Back to top button