Berita

Ini Peran Penting Gen Z dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Suci Fitriya Tanjung menyoroti pentingnya keterlibatan generasi muda dalam menghadapi krisis iklim yang semakin memburuk. Menurutnya, generasi saat ini dan yang akan datang memiliki dampak krisis iklim hingga 2-7 kali lipat dari generasi sebelumnya. Untuk mengatasi masalah ini dan mencapai keadilan iklim di masa depan, Suci mendorong keterlibatan para generasi muda, termasuk Generasi Z (Gen Z).

Dalam talkshow Green Ramadan yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Suci menjelaskan bahwa para generasi muda memiliki potensi besar untuk menyelamatkan lingkungan, dengan idealisme, mobilitas tinggi, kepedulian sosial, inovasi, dan kreativitas yang dimiliki. Dia juga mengapresiasi kesadaran Generasi Z terhadap isu perubahan iklim dan keterlibatan mereka dalam langkah-langkah mitigasi, seperti mendukung produk ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Franky Zamzani, Kepala Subdirektorat Pemantauan Pelaksanaan Mitigasi, Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim KLHK, menekankan pentingnya aksi mitigasi dalam mengendalikan perubahan iklim. Dia menyatakan perlunya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan, termasuk generasi muda, dalam mencapai target mitigasi perubahan iklim tahun 2030.

Indonesia, sebagai negara yang terkena dampak langsung dari perubahan iklim, telah memimpin dengan contoh dalam upaya mitigasi dan adaptasi. Melalui komitmen yang kuat, Indonesia telah menetapkan target ambisius untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dan memperkuat keberlanjutan lingkungan.

KLHK mengajak para generasi muda yang tergabung dalam Green Leaders Indonesia (GLI), Green Youth Movement (GYM), dan Green Ambassador untuk berdiskusi tentang isu lingkungan dan perubahan iklim serta berperan aktif dalam mencari solusi.

sumber :
https://lestari.kompas.com/read/2024/04/08/210000186/ini-peran-penting-gen-z-dalam-pelestarian-lingkungan-hidup

Konten Terkait

Back to top button