Berita

Irwan Dukung KLHK Ajak Anak Muda Perangi Kejahatan Lingkungan dan Hutan

Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Irwan, menyatakan dukungannya terhadap ajakan Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rasio Ridho Sani, yang mengajak generasi Z dan milenial untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Namun, Irwan menegaskan bahwa ajakan tersebut harus diikuti dengan tindakan nyata.

“Ajakan KLHK untuk anak muda perangi kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan tentu bagus, tapi jangan berhenti di ajakan, gerakan revolusinya apa?” kata Irwan saat dihubungi, Sabtu (6/7/2024).

Irwan menilai bahwa pendekatan yang komprehensif dengan melibatkan anak muda dapat membantu dalam penegakan hukum terkait kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu, ia percaya bahwa partisipasi aktif anak muda juga mampu mengurangi kegiatan ilegal dan mendorong pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

“Pendekatan komprehensif dengan anak muda ini tidak hanya secara signifikan memperkuat penegakan hukum kehutanan tapi pastinya mampu mengurangi kegiatan ilegal dan mendorong pengelolaan hutan lestari,” ucap Irwan.

Irwan, yang juga Juru Bicara Partai Demokrat, mendorong KLHK untuk benar-benar melibatkan anak muda dalam upaya menjaga lingkungan hidup dan kehutanan. Ia menyebut bahwa KLHK memiliki Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini.

“Tiap tahun meluluskan 487 siswa, artinya ada ribuan lulusan sekolah yang sudah siap sebagai agen muda gerakan revolusi gakum LHK di lapangan yang bisa mengajak Gen Z dan milenial se-Indonesia untuk menguatkan penegakan hukum LHK,” ucapnya.

Irwan juga menyarankan agar kampanye dan gerakan dibuat secara masif dan terstruktur hingga tingkat tapak untuk pencegahan dan pengawasan. Ia mengusulkan pembentukan gerakan seperti Polisi Hutan Muda atau Rimbawan Muda. Kolaborasi anak muda di tingkat nasional dan internasional, termasuk NGO muda, aktivis, dan pecinta lingkungan, dapat menjadi kampanye dan aksi positif dalam penegakan hukum lingkungan dan hutan di Indonesia.

Lebih lanjut, sebagai Ketua Umum PP IKA SKMA, Irwan mendorong pemerintah untuk melibatkan anak muda secara langsung dalam menjaga hutan. Ia juga menyarankan agar anak muda dilibatkan untuk melaporkan aktivitas ilegal terkait lingkungan hidup dan kehutanan.

“Pemerintah dapat mendukung pembentukan kelompok pengawas masyarakat bersama anak muda yang dapat bertindak sebagai responden pertama terhadap kegiatan ilegal, memberikan mereka pelatihan dan sumber daya untuk memantau lingkungan lokal mereka secara efektif. Menerapkan sistem insentif bagi individu anak muda yang melaporkan kegiatan kehutanan ilegal, melindungi dan memberi penghargaan kepada pelapor untuk mendorong lebih banyak keterlibatan generasi muda,” ujarnya.

Dengan langkah-langkah ini, Irwan berharap generasi muda dapat lebih aktif dan efektif dalam memerangi kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan, serta mendorong pengelolaan hutan yang berkelanjutan di Indonesia.

sumber :

https://news.detik.com/berita/d-7425410/irwan-dukung-klhk-ajak-anak-muda-perangi-kejahatan-lingkungan-dan-hutan

Konten Terkait

Back to top button