Berita

Lomba Video Blog (Vlog) Air Minum dan Sanitasi, dan Pengelolaan Sumber Daya Air

World Water Forum (WWF) ke-10 yang diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024 menjadi momen penting untuk mengatasi tantangan air minum di tingkat global, regional, dan lokal. Acara besar yang diselenggarakan oleh World Water Council dan Pemerintah Indonesia mendorong kolaborasi multipihak dan inovasi untuk mewujudkaan kemakmuran bersama melalui keamanan air.

Untuk mendukung WWF ke -10, USAID IUWASH Tangguh menyelenggarakan lomba video blog (vlog) air minum dan sanitasi, dan pengelolaan sumber daya air. Penyelenggaraan lomba ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi semua pihak, terutama anak muda, untuk mewujudkan akses air minum dan sanitasi aman yang tangguh terhadap perubahan iklim.

Siapa Peserta Lomba?
Kami mengundang masyarakat umum, mahasiswa, tokoh/kader masayarakat, penggiat isu lingkungan, dan content creator berusia 18 tahun ke atas untuk mengikuti lomba. Video yang dikirimkan menggunakan format Instagram reels maksimal 90 detik.

Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) video. Syarat dan ketentuan lengkap dapat dilihat di syarat dan ketentuan lomba.

Apa Tema Lomba?
Tema besar lomba vlog ini adalah “Aksi Bersama Wujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Berketahanan Iklim’

Tema besar dibagi dalam sub-tema yang wajib dipilih salah satu oleh peserta:

Sub-Tema 1: Akses Air Minum dan Sanitasi Yang Inklusif dan Berkelanjutan untuk Rumah Tangga Berpenghasilan Rendah
Menggambarkan upaya lokal dan alternatif pendanaan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah mempunyai akses air minum dan sanitasi lebih baik, inklusif, dan lestari.

Sub-Tema 2: Air untuk Perdamaian
Menjelaskan bagaimana upaya penyediaan akses air minum dan sanitasi yang lebih baik menguatkan rasa percaya, mengurangi konflik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sub-Tema 3: Inovasi dan Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Penyediaan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman yang Inklusif Berkelanjutan
Menunjukkan solusi kreatif dan inklusif untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang tangguh terhadap dampak perubahan iklim. Contohnya, penampungan air hujan, sarana air minum dan sanitasi yang tahan banjir, pengolahan air bertenaga energi terbarukan, sumur resapan dikelola masyarakat, penanaman kembali hutan untuk konservasi air dan tanah, dll.

Sub-Tema 4: Keterlibatan Masyarakat Dalam Mendukung Penyediaan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman yang Inklusif dan Berkelanjutan
Menggambarkan partisipasi masyarakat dan perubahan perilaku sosial dalam penyediaan akses air minum dan sanitasi aman yang inklusif, serta pengelolaaan sumber daya air yang berkesinambungan.

Bagaimana Cara Mengirimkan Video?
Panduan lengkap video dapat dilihat di panduan pengiriman video.

Kapan Lomba Dilakukan?
Kami mengundang peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan lomba vlog ini. Keikutsertaan peserta tidak mempengaruhi penilaian.

8 April Lomba dimulai Pengumuman lomba melalui akun IG @airsanitasi
23 April Workshop ‘Membuat Vlog yang Menarik’ dan ‘Mengenal Isu Air Minum dan Sanitasi di Sekitar Kita. Workshop dilakukan online selama 2 hingga 3 jam
28 April Lomba ditutup dan proses penjurian dilakukan
15 Mei Pengumuman pemenang lomba pada acara talk show ‘Peran Generasi Muda Mewujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Berketahanan Iklim’ Talk show dilakukan secara hybrid, offline di pusaat kebudayaan @america, Jakarta dan online

Hadiah
Menangkan hadiah utama menjadi narasumber di Hari Penganugerahan Kompetisi Vlog USAID IUWASH Tangguh, kesempatan membagikan idemu di hadapan para pemangku kepentingan dan menyaksikan vlogmu diputar di hadapan penonton!

Yuk jadi bagian dari perubahan!
Karyamu, Aksimu

Konten Terkait

Back to top button