Berita

Mengubah Gaya Hidup untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim merupakan perubahan suhu dan pola cuaca global dalam jangka panjang. Faktor alam seperti variasi aktivitas matahari atau letusan gunung berapi bisa mempengaruhi iklim. Namun, kegiatan manusia kini menjadi faktor dominan yang mempercepat perubahan iklim. Walaupun terdengar kompleks, perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat memberikan dampak besar bila dilakukan bersama-sama.

Pentingnya Perubahan Gaya Hidup

Emilya Nurjani, dosen Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), menekankan pentingnya mengubah gaya hidup untuk mengatasi perubahan iklim. Pada Workshop “Penanganan Perubahan Iklim yang Berkeadilan di Indonesia” (20/6/2024), ia menjelaskan bahwa tindakan sederhana seperti mengurangi sampah makanan dan berjalan kaki dapat membantu mengurangi emisi karbon. Sepiring makanan yang tidak dihabiskan menghasilkan emisi gas metana yang berdampak pada pemanasan global.

Kebiasaan baik lainnya termasuk:

  • Menghabiskan makanan untuk mengurangi food waste.
  • Jalan kaki dan naik tangga untuk mengurangi emisi karbon dari kendaraan dan lift.
  • Memilah sampah, mengurangi penggunaan plastik, menghemat energi, dan mendaur ulang.

Pentingnya Pendidikan Dini

Emilya menekankan pentingnya penerapan kebiasaan positif sejak dini. Anak-anak yang diajari kebiasaan ini akan membawa mereka hingga dewasa. Mengajak keluarga dan komunitas untuk berpartisipasi dalam kebiasaan baik juga merupakan langkah besar.

Keadilan Iklim

Bella Nathania dari Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) menyoroti pentingnya penanganan perubahan iklim yang berkeadilan. Keadilan iklim menghubungkan pembangunan dan hak asasi manusia untuk pendekatan berbasis hak dalam menangani perubahan iklim. Ini melibatkan kesetaraan, hak asasi manusia, hak kolektif, dan tanggung jawab antar generasi, memastikan generasi mendatang dapat menikmati sumber daya yang sama.

Aksi penanganan perubahan iklim harus dimulai sekarang untuk memastikan keadilan iklim bagi semua. Perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari, bila dilakukan bersama-sama, dapat memberikan dampak besar dalam mengatasi perubahan iklim.

sumber :

https://lestari.kompas.com/read/2024/06/25/050000586/ubah-gaya-hidup-bisa-bantu-tangani-perubahan-iklim-

Konten Terkait

Back to top button