Berita

Menteri LHK Siti Nurbaya Ingatkan Tantangan Tiga Krisis Global dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menekankan bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan tiga krisis global, termasuk perubahan iklim, dan untuk mengatasinya diperlukan langkah nyata dalam partisipasi publik. Pernyataan ini disampaikan dalam Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Jakarta, Jumat.

Tema global peringatan tahun ini adalah “Restorasi Lahan, Desertifikasi, dan Ketahanan Menghadapi Kekeringan” atau “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience”. Siti menjelaskan bahwa tema tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi yang dihadapi saat ini, sebagaimana sering disampaikan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI tentang tantangan tiga krisis global: perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, penipisan sumber daya alam, dan polusi.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang dimulai pada 5 Juni lalu, berfokus pada upaya peningkatan dan penguatan partisipasi masyarakat serta memastikan perhatian terus diberikan kepada upaya pelestarian lingkungan. “Dalam merespons isu-isu lingkungan dengan tindakan nyata selain penguatan kebijakan dan langkah korektif,” ujar Siti dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Kegiatan yang diadakan oleh KLHK dilakukan di seluruh Indonesia untuk memastikan partisipasi yang merata dari seluruh wilayah. Siti menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan memperkuat kebijakan dan langkah operasional aksi pelestarian lingkungan dan aksi iklim serta memastikan konsistensi kerja di akar rumput.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa untuk menyelesaikan krisis iklim, diperlukan prinsip keadilan yang disertai dengan inovasi. “Dengan tetap mengedepankan prinsip inklusivitas, keadilan dalam satu generasi, dan keadilan antar-generasi,” kata Wapres.

Melalui tema dan kegiatan tersebut, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan mengatasi tantangan global lainnya dengan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

sumber :

https://www.antaranews.com/berita/4184103/menteri-lhk-ingatkan-ri-hadapi-tiga-krisis-global-terkait-lingkungan?utm_source=antaranews&utm_medium=desktop&utm_campaign=related_news

Konten Terkait

Back to top button