Berita

Menteri LHK soroti partisipasi publik di puncak Hari Lingkungan Hidup

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menekankan pentingnya peningkatan partisipasi publik dalam upaya pelestarian lingkungan pada Puncak Acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Jakarta, Jumat.

“Kegiatan World Environment Day 2024 Indonesia bertujuan untuk terus memperkuat partisipasi publik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan,” ujar Siti Nurbaya saat membuka acara tersebut.

Siti Nurbaya menyatakan bahwa peningkatan keterlibatan publik diperlukan untuk merespons isu-isu lingkungan dengan tindakan nyata, selain melalui penguatan kebijakan dan langkah korektif.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, Siti Nurbaya menyebutkan bahwa kegiatan partisipatif publik telah digelar di berbagai daerah di Indonesia untuk memperkuat aksi lingkungan dan iklim dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Selain itu, pemerintah melalui Kementerian LHK terus melakukan penguatan kebijakan publik dan langkah korektif, disertai dengan inovasi di lapangan, terutama untuk mendukung kegiatan yang datang dari masyarakat. “Ke depannya, arahnya adalah untuk menjadi berkesinambungan dan makin konsisten,” kata Siti Nurbaya saat menutup rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Juni.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan tentang ancaman krisis global yang mencakup perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi. “Agar dampaknya tidak meluas ke aspek kehidupan seperti lingkungan, kesehatan masyarakat, dan laju pembangunan, ketiga krisis ini perlu segera ditangani,” ujar Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian LHK juga meresmikan peluncuran Indonesia Green TV yang berada di bawah naungan KLHK, serta klub sepeda bambu untuk duta besar negara sahabat.

sumber :

https://www.antaranews.com/berita/4183803/menteri-lhk-soroti-partisipasi-publik-di-puncak-hari-lingkungan-hidup

Konten Terkait

Back to top button