Berita

Menteri LHK Soroti Pentingnya Pengembangan Generasi Lingkungan di Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menekankan pentingnya pengarusutamaan dan pengembangan generasi lingkungan di Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Dalam diskusi daring tentang kepemimpinan hijau (green leadership) dari Jakarta pada hari Jumat, Menteri Siti Nurbaya menyatakan bahwa pengarusutamaan pengembangan generasi lingkungan kepada pemuda Indonesia sangat diperlukan di berbagai sektor, termasuk pemerintahan.

“Generasi muda adalah masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dan menerapkan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks,” ujar Menteri Siti Nurbaya.

Pentingnya Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan

Menteri Siti Nurbaya menekankan bahwa mendidik generasi yang mencintai lingkungan dan melahirkan pemimpin yang pro-lingkungan dapat dilakukan melalui berbagai program pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan. “Kita perlu memastikan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan semangat untuk menjadi pemimpin hijau di masa depan tersedia,” tambahnya.

Program Green Leadership Indonesia (GLI)

Kementerian LHK terus mendorong pendidikan lingkungan kepada generasi muda melalui Program Green Leadership Indonesia (GLI), yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga non-pemerintah. Program ini telah melatih tiga angkatan, dengan angkatan ketiga menjalani wisuda pada Maret lalu. Menurut data Kementerian LHK, GLI telah meluluskan 618 calon pemimpin muda, dengan rincian 118 leaders pada angkatan pertama, 207 leaders pada angkatan kedua, dan 293 leaders pada angkatan ketiga.

Kolaborasi untuk Kepemimpinan Lingkungan

Menteri Siti Nurbaya yakin bahwa kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, komunitas, aktivis, dan masyarakat akan melahirkan lebih banyak pemimpin yang peduli lingkungan. “Kepemimpinan yang berwawasan lingkungan adalah kunci untuk mendorong perubahan positif dan berkelanjutan di tengah masyarakat kita,” tegasnya.

Dengan adanya upaya pendidikan dan pelatihan yang terus menerus, diharapkan akan tercipta generasi pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan lingkungan dan menciptakan solusi yang berkelanjutan bagi Indonesia.

sumber :

https://www.antaranews.com/berita/4161684/menteri-lhk-soroti-pentingnya-kembangkan-generasi-lingkungan

Konten Terkait

Back to top button