Berita

Orasi Ilmiah Prof. Emenda: Pengelolaan Sampah dalam Perspektif Ekonomi Sirkuler dan Upaya Pengurangan Kebocoran Sampah ke Laut

Prof. Ir. Emenda Sembiring, M.T., M.Eng.Sc., Ph.D., Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) Institut Teknologi Bandung (ITB), menyampaikan orasi ilmiah bertema “Pengelolaan Sampah dalam Perspektif Ekonomi Sirkuler dan Upaya Pengurangan Kebocoran Sampah ke Laut” pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha.

Dalam orasinya, Prof. Emenda mengungkapkan bahwa Indonesia menghasilkan 53.178.437 ton sampah per tahun. Namun, pengelolaan sampah di Indonesia masih menghadapi tantangan besar, dengan akses pengelolaan sampah yang baik hanya mencapai rata-rata 39,1%.

Prof. Emenda menjelaskan konsep ekonomi sirkuler sebagai solusi potensial untuk masalah pengelolaan sampah. Ekonomi sirkuler berfokus pada pengurangan limbah melalui pendekatan daur ulang, penggunaan kembali, dan perpanjangan siklus hidup produk. Ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan tetapi juga memberikan manfaat ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan penghematan sumber daya.

Selain itu, Prof. Emenda menekankan pentingnya upaya mengurangi kebocoran sampah ke laut. Sampah plastik yang mencemari laut telah menjadi masalah global yang serius, merusak ekosistem laut dan mengancam kehidupan laut. Langkah-langkah seperti peningkatan sistem pengelolaan sampah, edukasi masyarakat, dan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sipil sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Acara orasi ilmiah ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk akademisi, praktisi, dan mahasiswa, yang berpartisipasi dalam diskusi mengenai inovasi dan kebijakan yang dapat diterapkan untuk mendukung pengelolaan sampah yang lebih baik di Indonesia.

sumber :

https://www.linkedin.com/posts/itb_orasi-ilmiah-prof-emenda-pengelolaan-sampah-activity-7215223724319330305-0GMg?utm_source=share&utm_medium=member_android

Konten Terkait

Back to top button