Dokumen

Panduan Pengelolaan Sampah Organik Berbasis Biokonversi

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), komposisi sampah di Indonesia didominasi oleh sampah organik dari total timbulan sampah. Untuk mengolah sampah organik ini, selain dengan pengomposan ada upaya lain yang dapat ditempuh yakni dengan budidaya BSF (Black Soldier Fly) atau lalat tentara hitam.

BSF (Hermetia Illucens) adalah sejenis lalat berwarna hitam yang larvanya (maggot) mampu mendegradasi sampah organik. Maggot atau belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam (BSF) sangat aktif memakan sampah organik.

Proses biokonversi oleh maggot ini dapat mendegradasi sampah lebih cepat, tidak berbau, dan menghasilkan kompos organik, serta larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan unggas dan ikan. Proses biokonversi dinilai cukup aman bagi kesehatan manusia karena lalat ini bukan termasuk binatang vektor penyakit.

sumber :

https://www.linkedin.com/posts/alamfirdausi_panduan-pengolahan-sampah-organik-berbasis-ugcPost-7205496363675975680-mr2j/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop

Konten Terkait

Back to top button