Kegiatan DML

Pemanasan Global

Dana Mitra Lingkungan (DML) menjadi perwakilan World Wide Views (WWViews) untuk Indonesia, dibantu oleh Kementerian Perubahan Iklim dan Energi. Misi World Wide Views on Global Warming adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat di seluruh dunia untuk menyatakan pendapatnya atas isu dan pertanyaan-pertanyaan utama yang akan dinegosiasikan pada Konferensi PBB kelima tentang Perubahan Iklim (UNFCCC COP 15) di Kopenhagen, Denmark, Desember 2009.

Bekerjasama dengan The Danish Board of Technology dan Enlightening Indonesia, DML mengadakan konsultasi publik di dua tempat: Lido, Jawa Barat (mewakili masyarakat Indonesia bagian barat), dan Makassar (masyarakat Indonesia bagian timur), melibatkan 100 orang nelayan, pelajar, pegawai, petani, dan sebagainya. Hasil konsultasi publik yang dilakukan serentak di 32 negara itu diedarkan online, sehingga suara dari semua negara peserta dapat diperbandingkan. Suara masyarakat global atas perubahan iklim ini disampaikan oleh Kementerian Perubahan Iklim dan Energi Denmark di Konferensi Perubahan Iklim di Kopenhagen. DML memfasilitasi pengiriman tim membawa hasil konsultasi publik ke Kopenhagen.

Rangkaian kegiatan ini adalah upaya awal dari metoda untuk menjembatani kesenjangan antara kebijakan pemerintah di tingkat global dengan kenyataan yang dipahami di tingkat masyarakat awam. Sebagai sebuah permulaan, kendala-kendala yang terjadi merupakan hal yang sangat berharga untuk penyempurnaan metoda ini, yang oleh pemrakarsa di Norwegia akan disempurnakan di tahun-tahun mendatang. Hal ini sekaligus menggalang kerjasama internasional para warga dunia yang menaruh perhatian kepada pencegahan dampak pemanasan global.

DML, sebagai perwakilan LSM Indonesia di dunia internasional, akan menindaklanjuti upaya ini, bekerja sama dengan UN Habitat, UNDP, dan DNPI, mendayagunakan para fasilitator yang telah terkumpul, untuk melakukan berbagai upaya adaptasi dan mitigasi terhadap dampak pemanasan global di Indonesia.

Konten Terkait

Baca juga
Close
Back to top button