Berita

Pemkot Tangerang Inisiatif Kolaborasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Dalam menghadapi tantangan besar produksi sampah yang terus meningkat, Pemerintah Kota Tangerang Banten memimpin dengan inisiatif kolaboratif dan berbasis masyarakat untuk mengatasi masalah ini. Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, menekankan pentingnya kerja sama lintas sektor dan peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Produksi sampah yang mencapai sekitar 1.300 ton per hari menjadi tantangan yang serius bagi Kota Tangerang. Namun, dengan pendekatan kolaboratif dan prinsip pengelolaan berbasis masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang yakin dapat mengatasi masalah ini. Nurdin menegaskan bahwa kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah terus dibangun, dengan kerja keras dan kolaborasi semua pihak menjadi kunci utama.

Salah satu fokus utama Pemerintah Kota Tangerang adalah meningkatkan pengelolaan sampah dengan berbagai metode inovatif. Pemeliharaan maggot, bank sampah, sedekah sampah, dan program-program lainnya telah diimplementasikan untuk mengelola sampah secara efektif. Hasil dari pengelolaan sampah ini tidak hanya didistribusikan kembali kepada masyarakat, tetapi juga digunakan untuk membantu pembuatan pupuk organik, mendukung program sekolah adiwiyata, dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang juga aktif dalam membangun kesadaran masyarakat untuk turut serta dalam mengurangi jumlah sampah. Mulai dari tingkat rumah tangga hingga lingkungan sekolah, program-program pengelolaan sampah diperluas dan ditingkatkan dengan fokus pada siklus pembuatan pupuk dan solusi inovatif lainnya.

Wali Kota Tangerang juga mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk bersatu dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitar dengan mengelola sampah secara masif. Melalui momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk memperkuat aksi nyata dalam menjaga lingkungan hidup, demi menciptakan masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota Tangerang Banten ini tidak hanya mencerminkan tanggung jawab terhadap lingkungan, tetapi juga mengilhami semangat kolaborasi dan inovasi dalam menangani tantangan global seperti masalah sampah. Dengan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, Kota Tangerang Banten menunjukkan komitmen yang kuat dalam menciptakan perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik bagi semua.

Konten Terkait

Back to top button