Berita

Pemuda dan UMKM Bali Terlibat dalam World Water Forum ke-10

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mengumumkan bahwa para pemuda dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bali akan aktif terlibat dalam penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10. Pada konferensi pers daring pada Selasa (7/5/2024), Indra menegaskan bahwa keterlibatan masyarakat adalah hal yang tak terpisahkan dari acara penting seperti WWF di Bali.

Menurut Indra, partisipasi masyarakat harus membawa manfaat konkret. Para pemuda Bali akan turut serta dalam menciptakan suasana yang kondusif selama WWF berlangsung, untuk menjaga citra Bali tetap terjaga. Mereka juga akan terlibat dalam acara sampingan yang diadakan untuk delegasi WWF saat berkunjung ke lokasi-lokasi tertentu di Bali. Selain itu, pemuda juga akan ambil bagian dalam forum diskusi mengenai pengelolaan air demi kesejahteraan bersama.

Pemerintah Provinsi Bali juga mengundang perguruan tinggi untuk ikut serta dalam forum diskusi terbuka yang akan diselenggarakan seiring dengan WWF ke-10. Hal ini bertujuan agar mereka tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga berperan serta aktif dalam acara tersebut.

Di sisi lain, UMKM juga akan terlibat dalam berbagai aspek acara WWF. Misalnya, dalam hal transportasi, pelaku usaha transportasi di Bali akan mendapat prioritas untuk memenuhi kebutuhan transportasi selama acara berlangsung. Selain itu, hotel dan restoran yang akan melayani delegasi WWF didorong untuk menggunakan produk-produk pertanian lokal.

Indra menekankan pentingnya menggunakan produk lokal Bali, kecuali jika tidak tersedia di Bali. Hal ini bertujuan agar masyarakat Bali dapat merasakan manfaat langsung dari acara tersebut. UMKM juga akan dimanfaatkan untuk memasok suvenir bagi para delegasi, dengan produk-produk yang diproduksi oleh industri kerajinan lokal di Bali.

Pameran produk UMKM yang telah dipilih secara khusus juga akan diselenggarakan di Nusa Dua, lokasi pelaksanaan WWF tahun ini. Hal ini sebagai upaya untuk menghubungkan kegiatan ekonomi masyarakat dengan event pariwisata yang penting bagi Bali.

sumber :

https://lestari.kompas.com/read/2024/05/08/070000186/pemuda-dan-umkm-di-bali-dilibatkan-dalam-wwf-ke-10

Konten Terkait

Back to top button