Berita

Penelitian Baru Ungkap Perubahan Iklim Sebagai Pemicu Inflasi Global

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Communications Earth & Environment pada tanggal 21 Maret 2024, berjudul “Global warming and heat extremes to enhance inflationary pressures,” mengungkapkan bahwa perubahan iklim, pemanasan global, dan fenomena panas ekstrem berpotensi meningkatkan inflasi, khususnya pada kebutuhan pokok dan bahan pangan. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Institut Potsdam ini menyoroti dampak signifikan perubahan iklim terhadap ekonomi global.

Para peneliti menemukan bahwa proyeksi suhu pada tahun 2035 yang disebabkan oleh pemanasan global akan menyebabkan peningkatan tekanan inflasi di berbagai belahan dunia. Analisis mereka menunjukkan bahwa inflasi harga bahan pangan bisa mencapai 3,23 persen per tahun secara global, sebuah prediksi yang mengkhawatirkan bagi perekonomian dunia.

Lebih lanjut, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dampak inflasi akibat perubahan iklim akan sangat bervariasi tergantung pada skenario emisi yang terjadi. Hal ini menegaskan pentingnya mitigasi gas rumah kaca untuk meminimalisir tekanan inflasi di masa depan. Tanpa upaya pengurangan emisi yang signifikan, tekanan inflasi, khususnya pada pangan, diperkirakan akan semakin memburuk, dengan skenario terburuk menunjukkan peningkatan lebih dari 4 persen per tahun di sebagian besar dunia.

Dampak perubahan iklim terhadap inflasi tidak merata di seluruh dunia, dengan negara-negara di Afrika dan Amerika Selatan mengalami tekanan terbesar. Fenomena ini tidak hanya menunjukkan risiko langsung terhadap perekonomian global, tetapi juga menyoroti pentingnya kebijakan yang efektif dan tindakan global untuk mengurangi emisi.

Penelitian ini menekankan bahwa perubahan iklim bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga memiliki implikasi serius terhadap stabilitas ekonomi global. Upaya mitigasi dan adaptasi menjadi kunci untuk menghindari skenario terburuk dan memastikan keberlanjutan ekonomi serta lingkungan bagi generasi mendatang.

sumber :

https://lestari.kompas.com/read/2024/03/26/100000986/perubahan-iklim-bikin-inflasi-semakin-menggila

Konten Terkait

Back to top button