Berita

Penerima beasiswa LPDP tanam bibit mangrove di Pantai Samas

Para penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tergabung dalam angkatan “Jagat Nirmala” telah melaksanakan aksi nyata untuk menjaga lingkungan dan memberikan dampak positif kepada masyarakat. Mereka melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di Pantai Samas, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Minggu. Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek sosial Persiapan Keberangkatan (PK-225), yang melibatkan kerjasama dengan Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Perwakilan Jateng-DIY.

Menurut Ketua Perwakilan Angkatan PK-225 LPDP, M Irfan Nurdiansyah, inisiatif ini dilakukan sebagai wujud terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung mereka melalui beasiswa. Mereka juga ingin menjaga kelestarian lingkungan sejalan dengan slogan angkatannya, “Kita Jaga Alam Masa Depan Dalam Genggaman”, serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-14 yang menekankan pentingnya menjaga sumber daya laut.

Pantai Samas dipilih karena terkenal dengan ekowisatanya dan menjadi lokasi konservasi penyu. Dengan penanaman mangrove, diharapkan dapat memperbesar ekosistem laut dan menjaga habitat penyu. Selain itu, penanaman mangrove juga memiliki dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama para nelayan, karena dapat meningkatkan hasil tangkapan.

Selain itu, tumbuhan mangrove juga berperan dalam meredam gelombang laut sehingga dapat melindungi masyarakat di daratan dari bencana alam seperti tsunami. Lebih lanjut, penanaman mangrove juga membantu dalam mengatasi krisis iklim dengan menyerap karbon dalam jumlah besar.

Tak hanya melakukan penanaman mangrove, penerima beasiswa LPDP angkatan PK-225 juga melaksanakan proyek sosial lainnya. Mereka menyelenggarakan sosialisasi dan lokakarya bagi masyarakat terkait pembuatan “eco enzym” dengan memanfaatkan sampah rumah tangga di area Embung Langensari, Kota Yogyakarta. Ini adalah langkah konkrit untuk mengurangi jumlah sampah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah.

Kegiatan yang dilakukan oleh para penerima beasiswa LPDP ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi lingkungan dan masyarakat, tetapi juga menginspirasi generasi muda lainnya untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dan membangun masyarakat yang lebih baik. Dengan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umum, diharapkan upaya ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak yang positif dalam jangka panjang.

sumber: https://www.antaranews.com/berita/3981810/penerima-beasiswa-lpdp-tanam-1000-bibit-mangrove-di-pantai-samas

Konten Terkait

Back to top button