Berita

Perhutani Dukung Program Bebas Sampah di Cikole Lembang

Perum Perhutani, bersama anak perusahaannya, Econique Perhutani Alam Wisata (PT Palawi Risorsis), berkomitmen mendukung pengelolaan lingkungan melalui program “Cikole Kampung Re/Up Cycle Bebas Sampah”. Program ini bertujuan mengembangkan area Cikole di Lembang, Kabupaten Bandung menjadi kawasan bebas sampah, sekaligus mendukung pemberdayaan ekonomi dan lingkungan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan mitra wisata.

Dewi Fitrianingrum, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani, menegaskan bahwa kegiatan ini diarahkan untuk membentuk wilayah tanpa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan membangun taman dengan konsep re/up cycle. Program ini juga melibatkan penyediaan infrastruktur untuk pengelolaan sampah dan penerapan teknologi konversi sampah menjadi produk yang bernilai ekonomi.

Keterlibatan komunitas lokal dalam kegiatan ini mencakup pelatihan pengelolaan sampah yang diberikan kepada anggota LMDH dan mitra wisata di Cikole pada tanggal 3 April 2024. Dalam pelatihan ini, Perhutani menggandeng Arya Hindrarprayoga, konsultan CSR dan pemberdayaan masyarakat, serta I Komang Ruditha Hartawan, pengelola Tempat Penampungan Sementara (TPS) 3R di Bali, yang merupakan salah satu TPS 3R terbaik di Indonesia.

Selain itu, pada tanggal 4 April 2024, Plt Direktur Utama PT Palawi Risorsis, Maman Rosmantika, menerima bantuan sarana pengelolaan sampah yang meliputi 2 motor listrik bak sampah dan 10 tong sampah untuk pemilahan sampah organik dan anorganik. Bantuan ini diserahkan di Cikole Jayagiri Resort, Lembang.

Teddy Poernama, Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan, menekankan pentingnya pengelolaan sampah terpadu dan kolaborasi lintas sektor dalam menciptakan pariwisata berkelanjutan. Program ini tidak hanya fokus pada pengelolaan lingkungan, tetapi juga pada aspek profit, people, prosperity, peace, dan partnership untuk menggerakkan keberlanjutan pariwisata.

Maman Rosmantika mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian BUMN dan Perum Perhutani yang telah memungkinkan pengembangan wisata berkelanjutan yang terintegrasi dari aspek lingkungan di Kawasan Wisata Cikole Forest Estate. Kerja sama dan kolaborasi antar pihak diharapkan terus berlanjut dalam mengimplementasikan wisata edukasi pengelolaan sampah terpadu dan terintegrasi, yang diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi destinasi dan masyarakat sekitar.

sumber :
https://nasional.sindonews.com/read/1354905/15/perhutani-dukung-program-bebas-sampah-di-cikole-lembang-1712329457?showpage=all

Konten Terkait

Back to top button