Kegiatan

Peringatan 40 Tahun Yayasan Dana Mitra Lingkungan (DML)

Pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Yayasan Dana Mitra Lingkungan (DML) merayakan peringatan 40 tahun berdirinya dengan sebuah acara yang mengesankan di Jakarta. Acara yang bertajuk ‘Perjalanan Panjang Selembar Daun Sirih’ ini merupakan momentum penting bagi DML untuk merayakan pencapaian dan menatap masa depan yang penuh harapan.

Acara tersebut dihadiri oleh para tokoh penting, antara lain Prof Emil Salim dan Ir Erna Witoelar selaku Pendiri Yayasan DML, Rachmad Gobel mewakili keluarga para pendiri DML, Agustanzil Sjahroezah selaku Ketua Pembina DML, dan Nina Meilina selaku Ketua Pengurus DML.

Dalam sambutannya, Prof Emil Salim menyampaikan pesan mengenai pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan dan kelestarian lingkungan serta kemanusiaan. Hal ini menjadi kunci dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan.

Selain itu, Ketua Pengurus DML, Nina Meilina, mengungkapkan bahwa DML telah melakukan berbagai upaya dalam pelestarian lingkungan sejak awal berdirinya. Kolaborasi dengan berbagai pihak telah menjadi bagian integral dari perjalanan panjang DML. Nina juga menyoroti fokus DML pada masalah sampah dan perubahan iklim, terutama isu karbon.

Dalam upaya memperkuat peran sebagai mediator antara pemerintah, pelaku industri, masyarakat, dan LSM di bidang lingkungan, DML berkomitmen untuk terus menjalankan fungsi sebagai Centre of Excellence dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Acara peringatan 40 tahun DML juga disemarakkan dengan penyerahan plakat penghargaan kepada para pendiri DML serta penyerahan buku tentang perjalanan panjang yayasan dan Teknologi Olah Sampah di Sumbernya (TOSS), salah satu program unggulan DML.

Di akhir acara, DML menampilkan demo TOSS sebagai salah satu program unggulan mereka. Acara ini juga dihadiri oleh mitra kerja DML seperti Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti; Direktur Pertamina Foundations, Yulius Bulo; Direktur Danone Indonesia, Karyanto Wibowo; serta perwakilan berbagai perusahaan, industri, dan LSM yang peduli terhadap lingkungan.

Dengan demikian, acara peringatan 40 tahun Yayasan Dana Mitra Lingkungan (DML) bukan hanya sebagai ajang perayaan, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

Konten Terkait

Back to top button