Berita

Perluasan TPA Burangkeng Bekasi untuk Mengatasi Krisis Kapasitas

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng yang terletak di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, akan mengalami perluasan lahan seluas 2,1 hektare tahun ini untuk mengatasi masalah kelebihan kapasitas. Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengumumkan bahwa lahan TPA ini akan bertambah menjadi 11,6 hektare.

“TPA Burangkeng saat ini sedang dalam kondisi kritis dengan kapasitas yang sudah penuh,” kata Dani Ramdan. Tindakan ini diambil sebagai solusi jangka pendek untuk mengakomodasi volume sampah yang terus meningkat dari Kabupaten Bekasi, yang mencapai 600 ton per hari.

Perluasan ini diperkirakan akan memberikan solusi penampungan sampah hingga tahun 2025. Sementara itu, untuk mengantisipasi kebutuhan jangka panjang, pemerintah daerah juga berencana membangun pabrik pengolahan sampah di lahan seluas lima hektare.

Selain itu, akan ada pembangunan jalan umum pengganti yang saat ini masih digunakan oleh TPA. “Pembangunan jalan dan pemagaran area TPA direncanakan akan dimulai pada triwulan pertama tahun ini, untuk mencegah sampah jatuh ke area luar,” tambah Dani.

TPA Burangkeng telah mengalami masalah kelebihan daya tampung sejak 2020, yang menyebabkan beberapa insiden longsor, terutama saat musim hujan. Longsoran sampah ini seringkali menghalangi akses armada pengangkut sampah, mengakibatkan gangguan pada pengangkutan sampah di lingkungan sekitar.

Langkah perluasan dan pembangunan infrastruktur baru ini diharapkan dapat mengatasi masalah pengelolaan sampah di Kabupaten Bekasi secara lebih efektif dan berkelanjutan.

sumber :
https://www.merdeka.com/peristiwa/tpa-burangkeng-bekasi-diperluas-diperkirakan-hanya-bisa-tampung-sampah-hingga-2025.html

Konten Terkait

Back to top button