Makalah

Perspektif Ketahanan Kota dalam Mewujudkan Ibu Kota Nusantara Berketahanan

Makalah ini menyajikan pandangan tentang bagaimana konsep ketahanan kota dapat diterapkan dalam perencanaan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara yang baru. Penekanan diberikan pada pentingnya membangun sebuah ibu kota yang tidak hanya berfungsi sebagai pusat administrasi, tetapi juga sebagai model kota yang tahan bencana, ramah lingkungan, dan inklusif.

Konsep ketahanan kota dijelaskan sebagai pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam perencanaan kota. Ini termasuk pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana, dan pembangunan komunitas yang tangguh terhadap berbagai risiko dan bencana.

Makalah ini menguraikan strategi-strategi khusus untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara yang berketahanan, seperti zonasi yang mengurangi risiko bencana, pengembangan ruang hijau yang luas, dan pembangunan bangunan yang ramah lingkungan. Strategi ini dirancang untuk mendukung kehidupan yang berkualitas bagi semua penduduk, termasuk penyandang disabilitas, kaum muda, dan lansia.

Terakhir, makalah ini membahas tantangan dalam implementasi konsep ketahanan kota di Ibu Kota Nusantara yang baru. Ini mencakup kebutuhan akan kepemimpinan yang kuat, komunikasi terbuka antara pemerintah dan masyarakat, serta investasi yang signifikan dalam pengembangan infrastruktur dan layanan sosial. Makalah ini menekankan bahwa kolaborasi antar sektor dan tingkatan pemerintahan akan menjadi kunci keberhasilan pembangunan Ibu Kota Nusantara yang berketahanan.

https://www.researchgate.net/publication/360208278_Perspektif_Ketahanan_Kota_dalam_Mewujudkan_Ibu_Kota_Nusantara_Berketahanan

Konten Terkait

Back to top button