Berita

Pesantren Didorong Berperan dalam Pelestarian Lingkungan

Pesantren, selain menjadi pusat pendidikan agama, juga memiliki peran penting dalam upaya pelestarian lingkungan. Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Pendidikan PAUD, Dasar, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Jazziray Hartoyo dalam acara Penganugerahan “Ekopesantren Award” di Jakarta.

Peran Pesantren dalam Pelestarian Lingkungan

Jazziray Hartoyo menekankan bahwa pesantren diharapkan mampu melakukan pembaharuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan pelestarian lingkungan, terutama di tengah isu perubahan iklim global. “Pengembangan pendidikan yang memadukan antara ilmu agama dan pengetahuan pelestarian lingkungan perlu terus dikembangkan secara seimbang agar santri juga peduli pada lingkungan hidup sekitarnya,” ujar Jazziray, seperti dikutip dari situs web Kemenko PMK.

Program Ekopesantren

Program Ekopesantren adalah hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk:

  • Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional (PPI-UNAS)
  • Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama
  • John Templeton Foundation
  • ICRS Universitas Gajah Mada
  • Rufford Foundation
  • Aliansi Ummah for Earth
  • Universitas Siber Asia
  • Yayasan Kehati
  • BPKH

Program ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta mewujudkan komunitas pondok pesantren yang hijau, mandiri, dan ramah lingkungan. Ekopesantren mensinergikan ajaran agama Islam dengan ilmu pengetahuan tentang alam dan lingkungan untuk menjawab tantangan kerusakan lingkungan dan perubahan iklim yang dihadapi dunia Islam dan Indonesia saat ini.

Penghargaan Ekopesantren Award

Acara Ekopesantren Award yang digelar oleh PPI-UNAS menjadi penutup rangkaian kegiatan Ekopesantren yang telah berlangsung selama tiga tahun. Penghargaan ini diberikan kepada pesantren-pesantren terbaik dalam kegiatan lingkungan hidup berdasarkan penilaian web tracking oleh para reviewer.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tiga pondok pesantren dalam kategori umum dan sepuluh pondok pesantren pemenang per kategori program Ekopesantren. Upaya ini merupakan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren sekaligus membentuk komunitas yang peduli terhadap lingkungan.

Pesantren memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan melalui pendidikan yang memadukan ilmu agama dan pengetahuan lingkungan. Program Ekopesantren dan penghargaan yang diberikan dalam Ekopesantren Award adalah langkah nyata dalam mendukung peran pesantren sebagai agen perubahan untuk lingkungan yang lebih baik.

sumber :

https://lestari.kompas.com/read/2024/06/19/120000386/pesantren-didorong-berperan-lestarikan-lingkungan

Konten Terkait

Back to top button