Berita

Progres Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Sepaku di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang diharapkan menjadi sumber air minum utama untuk Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menginstruksikan agar pembangunan IPA ini selesai dengan standar kualitas tertinggi dan sesuai jadwal operasional pada Juni 2024.

Instalasi yang berkapasitas 300 liter/detik ini mendapat suplai air baku dari Sungai Sepaku dan dilengkapi dengan teknologi pengolahan air mutakhir, termasuk proses sedimentasi, koagulasi-flokulasi, dan filtrasi ozon. Fasilitas ini juga didukung oleh dua reservoir induk, masing-masing berkapasitas 6.000 m3, untuk memastikan ketersediaan air minum yang cukup untuk kawasan IKN.

Hingga kini, pembangunan IPA Sepaku telah mencapai progres 44 persen. Untuk mendukung efisiensi distribusi, telah dipasang 56 persen dari jaringan pipa distribusi utama dan pembagi menuju Kawasan Industri Pariwisata Penunjang IKN (KIPP IKN), dengan rencana integrasi jalur distribusi ke Multi Utility Tunnel (MUT).

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, menambahkan bahwa infrastruktur pendukung lainnya, termasuk stasiun pompa, dijadwalkan terpasang pada Mei 2024 untuk memastikan operasional IPA pada bulan Juni tahun yang sama.

Dengan investasi sebesar Rp 328,18 miliar, pembangunan tahap pertama IPA Sepaku dikerjakan oleh konsorsium PT Adhi Karya dan PT Brantas Abipraya (KSO) sebagai kontraktor pelaksana, dan KSO PT Virama Karya, Areng MP, serta PT Waseco Tirta sebagai konsultan manajemen konstruksi. Proyek ini menandai langkah signifikan dalam upaya memenuhi kebutuhan air bersih di IKN, sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut.

sumber :
https://www.kompas.com/properti/read/2024/03/01/103000721/ipa-sepaku-beroperasi-juni-pasok-air-minum-di-kawasan-ikn

Konten Terkait

Baca juga
Close
Back to top button