Berita

Sambut Hari Meteorologi Sedunia, Ikatan Alumni Meteorologi ITB Gelar Ganesa Meteorology Day Competition 2024

Dalam rangka menyambut Hari Meteorologi Sedunia yang jatuh pada 23 Maret, Ikatan Alumni Meteorologi ITB menggelar Ganesa Meteorology Day Competiton 2024 di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Sabtu (23/3/2024).

Kegiatan dengan tema Frontline of Climate Action ini terbuka bagi seluruh siswa-siswi SMA/MA sederajat. Adapun kompetisi berupa lomba poster terkait keilmuan Meteorologi. Selain itu, diadakan beragam kegiatan menarik untuk peserta, berupa Meteorology TourMeteorology ExhibitionTalk Show, hingga Forum Group Discussion.

Penjelasan mengenai rain gauge bertempat di Taman Alat Meteorologi. (Dok. Tim Panitia)

Siswa-siswi diajak berkeliling untuk menikmati suasana di ITB, dilanjutkan dengan pengenalan alat-alat meteorologi yang berada di Taman Alat, Labtek Biru, ITB Kampus Ganesha. Alat-alat yang dikenalkan mulai dari rain gauge, anemometer, dan berbagai isi dari sangkar meteorologi.

Kemudian peserta mengenal lebih dalam mengenai perusahaan apa saja yang bergerak dalam bidang meteorologi melalui meteorology exhibition. Hal ini seiring adanya beberapa mitra yang turut hadir dalam kegiatan kali ini, yaitu PT Bhumi Warih Geohydromatics, PT Manvis Teknologi Enjinering, PT Hidronav Tehnikatama, dan PT Aksamaia Rekta Nusa.

Adapun puncak acara, yakni pengumuman pemenang lomba, dilakukan setelahnya. Berikut daftar pemenang lomba poster:

• Juara 1 – Eritha Bella Chelsyana (SMAN 70 Jakarta)
• Juara 2 – Nayla Izzatuz Zahro (SMAN 3 Jombang)
• Juara 3 – Naura Fathiya Dinata (SMAIT DAARUL ‘ILMI Bandar Lampung)
• Juara 4 – Paulina Santoso (SMA Fransiskus 2)
• Juara 5 – Siti Mustapiah (SMAN 7 Pandeglang)

Selain mengadakan kegiatan dengan partisipan siswa-siswi sekolah menengah, diadakan pula berbagai kegiatan menarik bagi mahasiswa, stakeholder, serta alumni Prodi Meteorologi, mulai dari buka bersama, sharing dari berbagai angkatan, gamesdoorprize, hingga pemotongan tumpeng sebagai tanda bahwa peringatan Hari Meteorologi Sedunia resmi diadakan oleh keluarga Prodi Meteorologi.

Melalui Hari Meteorologi Sedunia ini diharapkan timbul kesadaran akan pentingnya mengenal dan memahami dinamika atmosfer yang semakin meluas sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim dan bencana alam yang semakin sering terjadi. Hal ini juga dapat mendorong inovasi dan solusi untuk menangani tantangan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat global secara keseluruhan.

Reporter: Mely Anggrini (Meteorologi, 2022)

Konten Terkait

Back to top button