Praktik Baik

SpectroLab: Inovasi Reaktor Pemfilteran Limbah Cair Industri Tekstil Portabel Gagasan Mahasiswa Teknik Elektro ITB

Zat pewarna sintetis dari limbah industri tekstil merupakan salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengembangkan filter Metal Organic Framework (MOF). Namun, penggunaannya masih membutuhkan tahapan sekuensial yang memakan banyak waktu karena dilakukan terpisah.

Menanggapi kendala tersebut, tiga mahasiswa Teknik Elektro ITB angkatan 2020, yaitu Muhammad Raihan, Elmo Ryaner Panggabean, dan Gilbert Ng, menciptakan SpectroLab sebagai tugas akhir mereka. SpectroLab adalah reaktor filter portabel yang dilengkapi dengan spektrofotometer. Gilbert menjelaskan, “Produk ini mengintegrasikan tahapan pengambilan sampel, proses filtrasi, dan pengukuran untuk pengolahan limbah tekstil. Dalam pengujiannya, kami menggunakan limbah zat pewarna indigo carmine (ungu).”

Cara kerja SpectroLab dimulai dengan penempatan sampel dalam wadah penampungan berkapasitas 250 ml, kemudian sampel ditranspor menggunakan pompa peristaltik. Reaktor filter menggabungkan sampel limbah pewarna dengan bubuk filter MOF. Temperatur dan kecepatan pengadukan dapat diatur untuk optimasi filtrasi. Setelah proses filtrasi, limbah yang telah terfiltrasi diukur nilai absorbansinya dengan metode spektrofotometri, dan data pengukuran disimpan dalam penyimpanan lokal berkapasitas 32 GB.

Pengguna dapat mengendalikan proses filtrasi dengan tombol “Start” dan “Stop”, serta melakukan pengukuran berulang kali. SpectroLab memiliki akurasi 90% untuk nilai absorbansi puncak dan 98,57% untuk nilai panjang gelombang puncak.

Gilbert menambahkan, pengembangan SpectroLab melibatkan keilmuan dari bidang Kimia dan Fisika, di luar Teknik Elektro. Dengan bimbingan Ir. Akhmadi Surawijaya, S.T., M.Eng., produk ini ditampilkan pada Electrical Engineering Days (EE Days) 2024 di ITB dan meraih penghargaan Best Engineering Research. Penghargaan ini diberikan untuk kelompok dengan riset, pengembangan, dan penemuan terbaik yang terdokumentasi dalam paper. Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., memberikan pujian atas inovasi mereka.

EE Days merupakan acara puncak dari proyek tugas akhir Capstone Design Program Studi Teknik Elektro. Program ini mengasah pola pikir engineering design, pemahaman masalah dan kebutuhan pengguna, serta pengembangan sistem berbasis problem solving. Mahasiswa juga harus mengumpulkan paper individu, paper kelompok, poster dan video, serta buku tugas akhir.

Tim SpectroLab berharap inovasi mereka dapat membantu pengembangan filter MOF dan berperan dalam penanganan limbah. “Target terdekat kami setelah ini adalah mengurus hak paten dari SpectroLab,” kata Gilbert.

sumber :

https://itb.ac.id/news/read/60888/home/spectrolab-inovasi-reaktor-pemfilteran-limbah-cair-industri-tekstil-portabel-gagasan-mahasiswa-teknik-elektro-itb

Konten Terkait

Back to top button