Berita

Tanam Mangrove Solusi Bijaksana untuk Lindungi Pesisir

Penanaman mangrove oleh masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta semakin masif dilakukan di berbagai daerah untuk melindungi kawasan pesisir dari ancaman perubahan iklim. Mangrove berfungsi sebagai sabuk hijau, tempat pemijahan ikan, dan sumber ekonomi melalui getah untuk batik serta buah untuk camilan.

Peneliti Bidang Oseanografi Terapan dan Manajemen Pesisir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Widodo Setiyo Pranowo, menyatakan bahwa perubahan iklim terus menjadi topik hangat, terutama di Jakarta. Peta kerentanan pesisir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan daerah pesisir Jakarta berwarna merah, dengan tinggi gelombang laut sekitar 40 sentimeter.

Widodo menekankan pentingnya kombinasi teknologi dalam menanam mangrove. Salah satu teknologi yang diterapkan adalah pembangunan struktur pengaman pantai atau groin di Pantai Marunda, Jakarta Utara. Groin ini menahan sedimen yang bergerak sepanjang pantai, sehingga menciptakan lingkungan ideal bagi pertumbuhan mangrove.

“Groin tidak hanya menjebak sedimen, tetapi juga memecah gelombang, memberikan kesempatan bagi mangrove muda untuk tumbuh subur,” ujar Widodo. Data citra satelit selama 22 tahun menunjukkan perubahan signifikan pada fisiografi pesisir Pantai Marunda.

Pada Oktober 2000, garis pantai Pantai Marunda masih utuh dengan tambak-tambak berjejer di tepian. Sembilan tahun kemudian, bagian timur pantai mulai terkikis dan pemukiman penduduk muncul di sebelah barat. Pada 2011, groin dibangun, membentuk daratan baru dan tambak di sebelah timur mengalami pendangkalan karena sedimen yang terjebak.

Pada Mei 2012, tambak yang terkikis mulai ditumbuhi beberapa mangrove. Jumlah mangrove dan pemukiman semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2016, reklamasi mandiri membuat kawasan barat Pantai Marunda yang sebelumnya menjadi pemukiman menjadi kosong. Empat tahun kemudian, pada 2020, mangrove semakin meluas dan menutupi Pantai Marunda, membentuk ekosistem kompleks yang melindungi kawasan pesisir dari abrasi dan perubahan iklim.

Penanaman mangrove merupakan solusi bijaksana untuk menjaga kelestarian pesisir sekaligus memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat sekitar.

Konten Terkait

Back to top button