Kegiatan DML

Teluk Jakarta Bersih

Program Telasih diinisiasi dan dikelola langsung oleh DML dengan tujuan:

  1. Menggugah kesadaran masyarakat, khususnya dunia usaha, terhadap masalah pencemaran air Teluk Jakarta dan upaya pemecahannya;
  2. Mendorong dan membantu dunia usaha untuk bersama-sama mengatasi masalah pencemaran Teluk Jakarta;
  3. Menjembatani dunia usaha dengan pihak lain yang potensial membantu pemecahan masalah;
  4. Dokumentasi dan publikasi program dan hasil, sebagai contoh untuk penerapan di tempat lain;
  5. Membantu peran Pemerintah memantau dunia usaha yang berjasa dan pantas diberi penghargaan dan mendapat sanksi/disinsentif.

Kegiatan yang dilakukan antara lain kampanye pengendalian pencemaran terhadap industriawan di Jabotabek dan pelayanan informasi serta penerapan dan pengembangan pilot plant pengolahan air limbah industri.

Teluk Jakarta merupakan muara dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta. Maka sasaran program ini adalah menurunkan beban pencemaran 13 sungai tersebut (terutama Sungai Ciliwung, Mookevart, dan Sungai Cipinang).

DML menggalang kerjasama dengan berbagai pihak yang punya kepedulian sama, yaitu: Prokasih (Program Kali Bersih) yang dikelola oleh kantor Meneg KLH dan Pemda DKI dan konsentrasi pada upaya penanggulangan beban pencemaran sungai dari kalangan industri, serta Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) yang dikelola Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Lingkungan (PPSML) Universitas Indonesia yang bertujuan menggalang peranserta perguruan tinggi dan LSM.

Salah satu sumber pencemaran sungai adalah limbah rumah tangga. Pada tahap pertama, DML membantu pelaksanaan pembangunan sarana samijaga (sanitasi, mandi, dan jamban keluarga) bagi masyarakat kumuh yang tinggal di sepanjang sungai-sungai.

Konten Terkait

Back to top button