Berita

TPA Sente Klungkung Terbakar, Pemadaman Dibantu Damkar Bangli dan Gianyar

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali, terbakar sejak pukul 11.00 Wita, Selasa (23/1/2024). Api diketahui muncul pertama kali dari sisi timur TPA.

Pantauan detikBali, api terus membesar disertai asap pekat membubung tinggi dan mulai mengarah ke pemukiman warga. Embusan angin di sekitar tempat pembuangan sampah itu juga cukup kencang sehingga api sulit dipadamkan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung I Putu Widiada mengungkapkan sebanyak tujuh mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah. “Dibantu Damkar Gianyar dan Damkar Bangli, sementara mobil tangki dari BPBD dan DLHP Klungkung men-suplay air,” kata Widiada.

Ia mengakui upaya pemadaman api terkendala angin kencang dan gas metana yang keluar dari sampah. Selain itu, petugas damkar juga harus mengambil air ke Tukad Unda.

“Tidak ada sumber air dekat, harus ke Tukad Unda. Jadi, suplai lambat,” jelasnya.

Widiada belum bisa memastikan luas lahan TPA Sente yang terbakar karena api masih terus meluas. Ia menegaskan petugas damkar terus berupaya memadamkan api dan memantau kebakaran tersebut.

“Mudah-mudahan hujan turun, sehingga pemadaman bisa lebih mudah,” pungkasnya.

sumber:
https://www.detik.com/bali/berita/d-7156275/tpa-sente-klungkung-terbakar-pemadaman-dibantu-damkar-bangli-dan-gianyar/amp

Konten Terkait

Back to top button