Berita

Tren Pengelolaan Sampah oleh Masyarakat Semakin Meningkat, Bank Sampah Bertambah Pesat Pengelolaan Sampah oleh Masyarakat Semakin Meningkat

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat adanya tren peningkatan pengelolaan sampah oleh masyarakat. Tren positif ini terlihat dari bertambahnya jumlah bank sampah dalam lima tahun terakhir. Bank sampah adalah inisiatif yang memungkinkan masyarakat untuk mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah, sehingga membantu mengurangi volume sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir dan meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat.

Peningkatan jumlah bank sampah menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang terlibat aktif dalam pengelolaan sampah dan semakin sadar akan pentingnya daur ulang dan pengelolaan limbah yang lebih baik. Langkah ini tidak hanya berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan, tetapi juga dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat melalui penjualan sampah daur ulang.

KLHK berharap tren ini terus berlanjut dan semakin banyak komunitas yang terlibat dalam inisiatif pengelolaan sampah. Dukungan pemerintah dan kerjasama antara berbagai pihak diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan bank sampah dan memperkuat sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan di Indonesia.

sumber :

https://www.antaranews.com/infografik/4157952/pengelolaan-sampah-oleh-masyarakat-kian-meningkat

Konten Terkait

Back to top button