Berita

Wapres Tanam Pohon Sukun di Sela Kunjungan Kerja di Mamuju, Sulbar

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, didampingi oleh Wury Ma’ruf Amin, melakukan penanaman pohon sukun usai berolahraga pagi di sela kunjungan kerja di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Rabu.

Menurut keterangan dari Biro Pers Sekretariat Wapres yang diterima di Jakarta, Rabu, kegiatan ini dimulai tepat pukul 06.30 WITA. Wapres memulai jalan santai dari Jembatan Sungai Losa setelah sebelumnya melakukan pemanasan ringan.

Setelah berjalan menyusuri Jalan Arteri Ringroad Mamuju sepanjang kurang lebih dua kilometer, Wapres tiba di titik akhir yakni Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Mamuju. Di Mako Lanal Mamuju, selain melakukan pendinginan dan beristirahat sejenak, Wapres juga sempat menanam pohon sukun bersama sejumlah pejabat penting. Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Bobby Rinal Makmum, Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, Danlanal Letkol Laut Dedi Andriyatno, serta Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon tersebut.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, menjelaskan kepada Wapres bahwa pohon sukun merupakan salah satu pohon yang paling tangguh di berbagai medan dan cuaca. Pohon ini memiliki akar yang memanjang hingga belasan meter sehingga mudah menjangkau sumber-sumber air. “Di pulau yang ada pohon sukunnya, pasti di situ ada mata air tawar karena tidak setiap pulau memiliki air tawar, kebanyakan airnya payau,” ujar Bahtiar.

Selain kegiatan penanaman pohon, kunjungan Wapres ke Mamuju juga bertujuan untuk menyaksikan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulbar. Selain itu, Wapres juga membuka secara resmi Pekan Ekonomi dan Keuangan Syariah (PEKSyar) Sulbar yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Mamuju pada hari yang sama.

Melalui kunjungan ini, Wapres Ma’ruf Amin tidak hanya memperlihatkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan melalui penanaman pohon, tetapi juga mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Barat.

Konten Terkait

Back to top button