Berita

Warga Pulau Owi-Pai Biak Bersihkan Limbah Sampah Plastik

Warga di Pulau Owi dan Pai, Distrik Padaido, Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan aksi pembersihan limbah sampah plastik di perairan sekitar mereka. Inisiatif ini menghasilkan pengumpulan 30 karung sampah plastik, menurut Ketua Perwakilan Biak Trash Hero Indonesia, Jack Rumbekwan.

Inisiatif Bersih-Bersih Laut

Jack Rumbekwan menyatakan bahwa pengumpulan sampah plastik yang dilakukan oleh warga Pulau Pai dan Owi menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan. Dia berharap bahwa warga di wilayah kepulauan Padaido dan Aimando akan terus mendukung program kebersihan laut dari sampah plastik. Laut di Padaido dan Aimando merupakan sumber kehidupan bagi banyak keluarga, sehingga kebersihannya harus tetap dijaga.

Dampak dan Harapan

Jack mengucapkan terima kasih kepada warga Pulau Pai dan Owi atas tindakan nyata mereka dalam menjaga lingkungan laut tetap bersih dari sampah plastik. “Kami berharap apa yang dilakukan oleh warga Pai-Owi bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya di Tanah Papua,” kata Jack. Dia juga mengungkapkan bahwa hasil pengangkutan limbah sampah plastik sebanyak 30 karung tersebut dijual ke bank sampah di Kota Biak.

Apresiasi dari Pemerintah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Iwan Ismulyanto, memberikan apresiasi kepada komunitas masyarakat yang turut menjaga lingkungan perairan laut dari sampah plastik. “Semua pihak membutuhkan dukungan dan keterlibatan masyarakat untuk menjaga lingkungan perairan Biak Numfor supaya tetap bersih dan bebas dari sampah plastik,” ujarnya.

Prestasi Kabupaten Biak Numfor

Kabupaten Biak Numfor di Papua dikenal sebagai kota kecil bersih di Indonesia. Hingga tahun 2024, Biak Numfor telah tujuh kali berturut-turut meraih Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Piala Adipura ini merupakan penghargaan untuk kota-kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

Aksi pembersihan limbah sampah plastik oleh warga Pulau Owi dan Pai adalah contoh nyata dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan laut dan memastikan keberlanjutan sumber daya alam bagi generasi mendatang.

sumber :

https://www.antaranews.com/berita/4173864/warga-pulau-owi-pai-biak-bersihkan-limbah-sampah-plastik

Konten Terkait

Back to top button